Sabtu, 06 Desember 2014

Manajemen Pemasaran


Assalamu'alaikum wr. wb..

     Selamat malam dan terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk malam mingguan di blog saya... hahaha.. #plak. Langsung saja, pada malam hari ini, saya akan memposting tugas mengenai manajemen pemasaran. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas sekarang.. merapat yuk... ayo.. ayo...

Kenapa sih manajemen pemasaran itu sering disebut juga dengan manajemen permintaan?

     Menurut karya om Kotler pada tahun 1980, alasan yang membuat manajemen pemasaran sering disebut juga dengan manajemen permintaan karena adanya suatu penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan dan pengewasan program program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Apa perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep ini pemasaran?

    Pada dasarnya perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan sangatlah terlihat dari pengertiannya. kebutuhan merupakan suatu keadaan yang harus dipenuhi seseorang untuk melanjutkan kelangsungan hidupannya serta dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Sedangkan keinginan merupakan suatu rasa ingin membeli sesuatu untuk memuaskan diri sendiri untuk waktu itu saja. Banyak sekali keinginan seseorang didalam hidupnya. jika kita bandingkan antara kebutuhan dengan keinginan didalam kehidupan mungkin berbanding 40% untuk kebutuhan dan 60% untuk keinginan. bahkan lebih lagi. mengapa demikian? karena keinginan manusia bersifat tak terbatas, namun sumber untuk memenuhi keinginan bersifat terbatas.

Apa perbedaan pasar dengan pemasaran?

     Seperti yang kita tahu, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi guna menentukan harga dan barang yang telah disepakati oleh keduanya. Selain itu, pasar merupakan sekelompok individual baik perorangan maupun organisasi yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu. Sedangkan pemasaran merupakan kegiatan dari pemasaran untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar.

Apa pengertian dari Marketing Mix

     Menurut om Kotler dalam karyanya pada tahun 1997 hal.92. Marketing mix adalah satu kesatuan alat alat (tools) marketing yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan tujuan marketingnya pada pasar sasaran (target market) tertentu.

Unsur unsur yang terdapat dalam Marketing Mix menurut Smith (1993) dan Kotler (1997) adalah

1. Product (Produk/Jasa)
Meliputi unsur unsur jenis jenis produk, kualitas, desain, fasilitas dan kegunaannya, brand name, kemasan, ukuran, pelayanan, garansi, dan penggantian jika terjadi kerusakan.

2. Price (Harga)
Meliputi unsur unsur daftar harga, potongan, bonus, jangka waktu pembayaran, aturan kredit.

3. Promotion/Communication (Promosi/Komunikasi)
Meliputi promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, hubungan masyarakat, direct marketing, pembentukan customer data base, dialog, dan provision of customer service

4. Place (Tempat)
Meliputi unsur unsur saluran distribusi, cakupan, lokasi, pergudangan, transportasi.


Sekian bahasan mengenai manajemen pemasaran... terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca di blog saya... jangan bosan bosan untuk mampir kembali lagi ya...

Terimakasih... Semoga bermanfaat ^.^b

Wassalamu'alaikum wr.wb...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar